Kegiatan Pelayanan KB Dalam Rangka Momentum Bakti PKK Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022

Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 78, Pemerintah bertanggung jawab dan menjamin ketersediaan tenaga, fasilitas pelayanan, alat dan obat dalam memberikan Pelayanan KB yang aman, bermutu dan terjangkau oleh masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 52 tahun 2009, pasal 1 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga menyebutkan bahwa KB adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak-hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga berkualitas. Dalam rangka penguatan dan pencapaian tujuan pelayanan KB, maka dukungan manajemen pelayanan KB menjadi sangat penting, mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, sampai dengan Pemantauan dan Evaluasi.

Arah kebijakan dan strategi BKKBN di Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi adalah “Meningkatkan akses dan kualitas penyelenggaraan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi yang komprehensif berbasis kewilayahan dan fokus pada segmentasi sasaran”. Dalam arah kebijakan tersebut, aspek kewilayahan dan segmentasi berkaitan erat dengan akses dan kualitas penyelenggaraan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Penggarapan program peningkatan kesertaan ber-KB di Balai Penyuluh KB dan kegiatan momentum memiliki aspek strategis dalam upaya mewujudkan akses pelayanan Keluarga Berencana yang berkualitas dan merata bagi seluruh Warga Negara Indonesia. melalui Momentum Bakti PPK Bangga Kencana Kesehatan Terpadu 2022 di harapkan dapat meningktakan capaian kesertaan ber-KB di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan Tema “Momentum PKK Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022 sebagai Upaya menurunkan Angka Kematian Ibu Melahirkan dan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” – di mana Pelaksanaan Momentum Bakti PKK Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan Terpadu 2022 dilaksanakan mulai 1 Oktober s/d 31 Desember 2022. Dan Pelayanan dapat dilakukan diseluruh fasilitas Pelayanan Kesehatan Milik Pemerintah/Swata yang berada di wilayah masing-masing serta Balai Penyuluh KB dibawah supervisi Puseksmas Setempat. Dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang bisa dilakukan di balai penyuluh KB antara lain Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)/IUD, Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)/Implan/Susuk, dan Vasektomi (MOP). Khusus untuk metode Tubektomi(MOW) harus dilakukan di rumah sakit pemerintah/swasta. (bl)