PERWAKILAN BKKBN BABEL LAKUKAN AGENDA REKONSILIASI PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI TINGKAT KABUPATEN/KOTA

Pangkalpinang, 11 April 2022

Menindaklanjuti kegiatan Pertemuan Rekonsiliasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 pada Selasa (19/04/2022) kemarin, Perwakilan BKKBN Babel lakukan agenda kegiatan Rekonsiliasi Percepatan Penurunan Stunting di Tingkat Kabupaten/Kota guna meningkatkan pemahaman Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) sekaligus menguatkan komitmen dan Peran Pemerintah Daerah serta mitra kerja dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bangka, bertempat di Hotel ST12 Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (21/04/2022).

Kegiatan dimulai dari Laporan Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Bangka, Nurita, S.Sos yang menyampaikan bahwa komponen pemerintah daerah di Kabupaten Bangka turut mendukung program Percepatan Penurunan Stunting melalui kebijakan-kebijakan yang telah dibentuk, seperti adanya Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan dikukuhkannya TPPS agar masyarakat, para ibu dan bayi, balita maupun baduta dapat terhindar dari dampak gizi buruk dan harapannya dapat menurunkan angka Stunting sesuai target di tahun 2022 ini.

Bupati Bangka, yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan, Hj. Restu Nemi, SH. berkesempatan membuka acara dan memberikan sambutan mengenai pentingnya melibatkan seluruh komponen pemerintahan daerah guna mengatasi Stunting yang menjadi salah satu tujuan prioritas nasional.

“Harapannya stunting harus ditangani dengan serius, karena stunting bukan hanya masalah gagal tumbuh secara fisik, lebih dari itu stunting dapat mematikan masa depan seorang anak. Kita semua bersinergi membangun jejaring kerjasama dengan instansi terkait, intervensi program pemerintah baik pusat maupun daerah supaya hasilnya dapat berdampak sesuai dengan indikator hasil mitra kerja secara berkala dalam upaya bersama pencegahan stunting” ungkapnya.

Kegiatan ini menghadirkan 3 orang narasumber penting, yakni Kepala Perwakilan BKKBN Babel, Fazar Supriadi Sentosa, SH yang memaparkan materi mengenai “Arah dan Strategi Percepatan Penurunan Stunting melalui Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia (RAN PASTI)”, lalu materi mengenai “Penguatan Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bangka” oleh Koordinator Bidang KS PK Perwakilan BKKBN Babel, dr. Nofianti dan materi mengenai “Dukungan Program, Anggaran dan Data dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bangka” yang dijelaskan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bangka yang diwakili oleh Perencana Ahli Muda Bappeda Kabupaten Bangka, Diah Asrina, SIP.

Peserta pertemuan rekonsiliasi ini berjumlah 68 orang yang terdiri dari TPPS Provinsi, Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan TPPS se-Kabupaten Bangka. Setelah Kabupaten Bangka, agenda kegiatan Rekonsiliasi Percepatan Penurunan Stunting di Tingkat Kabupaten/Kota ini akan dilaksanakan pula di Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kota Pangkalpinang,  Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung dan Belitung Timur kedepannya.

Diharapkan dengan terlaksananya agenda kegiatan Rekonsiliasi Percepatan Penurunan Stunting di Tingkat 7 (tujuh) Kabupaten/Kota ini, dapat tercapainya sasaran kinerja Program Bangga Kencana Tahun 2022 dan dapat menurunkan angka prevalensi Stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (whyn)