PENGEMBANGAN CENTER OF EXCELLENT (COE) PENGELOLAAN KAMPUNG KB DAN PENGUATAN BIMBINGAN TEKNIS PROGRAM BANGGA KENCANA DI KAMPUNG KB DESA TUGANG KECAMATAN KELAPA KABUPATEN BANGKA BARAT

Desa Tugang, 24 November 2020

Kampung KB meruapak salah satu bentuk atau model miniatur pelaksanaan total program Bangga Kencana secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dilingkungan BKKBN dan bersinergi dengan kementerian/lembaga, mitra kerja serta stakeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah yang dilaksanakan ditingkatan pemerintahan terendah, sesuai prasyarat penentuan lokasi kampung KB diseluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Oleh karena itu cukup beralasan apabila pembangunan kependudukan dimulai dari wilayah-wilayah pinggiran yaitu kampung. Karena kampung merupakan cikal bakal terbentuknya desa dan apabila pembangunan pada seluruh kampung maju, maka desapun akan maju, dan apabila seluruh desa maju maka sudah barang tentu negarapun akan menjadi maju.

Bidang Pengendalian Penduduk melalui Sub Bidang Analisis Dampak Kependudukan dan Sub Bidang Penyusunan Parameter Kependudukan telah melaksanakan kegiatan tersebut di Desa Tugang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat pada hari Selasa tanggal 24 November 2020.

Narasumber dari kegiatan tersebut adalah :

  1. Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk (Yudi Rafani, SH.MM);
  2. Sub Koordinator Analisis Dampak Kependudukan/PKB Ahli Muda (Ruslan Effendy, S.Si);
  3. Kasubbid Kerjasama Peindidikan Kependudukan (Firman Darmawan, SIP.MAPS);
  4. Sub Koordinator Penyusunan Parameter Kependudukan (Khurnia Asmiasari, S.Pd);
  5. Uhdiyana (Kader Motivator/Juara 1 Kader IMP Tingkat Nasional);

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan dan pengembangan kampung KB dan Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga. (dyanti745)