PEMBENTUKAN PERCONTOHAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN JALUR FORMAL PADA SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN DI SMP NEGERI 3 TOBOALI KABUPATEN BANGKA SELATAN

Toboali, 25 November 2020

Sekolah Siaga Kependudukan  (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan, pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) kedalam beberapa mata pelajaran dan atau muatan lokal khusus kependudukan. Disamping itu juga penerapan pendidikan kependudukan melalui berbagai kegiatan kesiswaan dan bimbingan konseling SSk ini didukung dengan pojok kependudukan (population corner) sebagai salah satu sumber dan bacaan belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan karakter generasi berencana (genre).

Sekolah Siaga Kependudukan merupakan program berbasis kurikulum nasional sehingga tidak akan ada perbedaan karateristik wilayah baik secara geografis maupun administratif. Sekolah Siaga Kependudukan konsisten dilaksanakan selama mata pelajaran tersebut dan pokok bahasan pada mata pelajaran, sehingga akan terus menerus mengalami perkembangan.

Bidang Pengendalian Penduduk melalui Sub Bidang Kerjasama Pendidikan Kependudukan telah melaksanakan kegiatan tersebut yang bertempat di SMP Negeri 3 Toboali Desa Rias Kabupaten Bangka Selatan pada hari Rabu tanggal 25 November 2020.

Pada kesempatan tersebut dilakukan juga penyerahan sarana untuk fasilitas pojok kependudukan berupa : Komputer, rak buku, papan nama, banner, meja, kursi dan buku-buku tentang kependudukan.

Pojok Kependudukan merupakan sebuah perpustakaan mini sebagai pusat informasi program Bangga Kencana terintegrasi dengan perpustakaan yang ada di sekolah, perguruan tinggi, lembaga diklat, komunitas masyarakat, dan juga merupakan ruang yang strategis dilengkapi dengan perangkat teknologi informasi berupa signage (papan informasi digital), komputer, jaringan internet (wifi) serta display berupa buku-buku, leaflet, dan lain-lainnya. (dyanti745)