PEMBENTUKAN PERCONTOHAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN JALUR FORMAL DI SMP NEGERI 2 PEMALI DAN SMK NEGERI 1 SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA

Sungailiat, 27 November 2020

Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan melalui jalur formal merupakan strategi yang sangat efektif guna generasi muda mengenal permasalahan kependudukan di Indonesia serta bagaimana berperan dan berperilaku sesuai dengan wawasan kependudukan. Harapannya generasi muda menjadi agen of change dimasyarakat dalam pelaksanaan pembangunan berwawasan kependudukan, sehingga kehidupan enerasi sekarang peduli dengan kondisi generasi masa yang akan datang dengan mempertimbangkan keterkaitan timbal balik antara permasalahan kependudukan dan kualitas kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan, lingkungan, dll.

Melaluipendekatan pendidikan jalur formal sangat membutuhkan komitmen dari pemangku kepentingan, sehingga keterlibatan lembaga pemerintah pusat dan daerah yang terkait pendidikan formal serta pengelola institusi pendidikan dapat mendukung operasionalisasi program kerjasama pendidikan kependudukan baik disekolah maupun perguruan tinggi.

Bidang Pengendalian Penduduk melalui Sub Bidang Kerjasama Pendidikan Kependudukan telah melaksanakan kegiatan tersebut di SMP Negeri 2 Pemali dan SMK Negeri 1 Sungailiat pada hari Jum’at tanggal 27 November 2020.

Dalam kegiatan ini diserahkan juga sarana untuk fasilitas pojok kependudukan pada Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) berupa : Komputer, rak buku, papan nama, banner, kursi, meja dan buku-buku tentang kependudukan.

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) ini juga merupakan strategi dalam memberikan informasi manfaat dan dampak akan kependudukan melalui integrasi mata pelajaran, kegiatan kesiswaan, bimbingan konseling dan kegiatan yang relevan lainnya melalui pojok kependudukan. (dyanti745)