PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN MELALUI SAKA KENCANA KOTA PANGKALPINANG SEKALIGUS PENYERAHAN FASILITAS UNTUK POJOK KEPENDUDUKAN

Pangkalpinang, 21 November 2020

Pendidikan Kependudukan adalah upaya terencana dan sistematis untuk membantu masyarakat agar memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kondisi kependudukan serta keterkaitan timbal balik antara perkembangan kependudukan yaitu : kelahiran, kematian dan perpindahan serta kualitas penduduk dengan kehidupan sosial, ekonomi, kemasyarakatan dan lingkungan hidup sehingga mereka memiliki perilaku yang bertanggung jawab dan ikut peduli dengan kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang.

Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) merupakan salah satu pendekatan pendidikan kependudukan melalui jalur non formal yaitu jalur pendidikan diluar jalur pendidikan yang berstruktur dan berjenjang.

Suatu Upaya pendidikan kependudukan kepada anggota pramuka melalui jalur pendidikan dan pelatihan yang berjenjang, khususnya dalam krida kependudukan agar memiliki wawasan kependudukan sebagai bekal merencanakan masa depannya kelak. Pola pembelajaran kependudukan dalam kepramukaan dengan dukungan modul pengajar dan materi ajar.

Bidang Pengendalian Penduduk melalui Sub Bidang Kerjasama Pendidikan Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melaksanakan kegiatan tersebut pada tanggal 21 November 2020 di Balai Penyuluh KB Kecamatan Gerunggang.

Peserta dari kegiatan tersebut adalah utusan dari siswa/siswi dari SMA/SMK di Kota Pangkalpinang dengan Narasumber/Pemateri adalah Kasubbid Kerjasama Pendidikan Kependudukan (Firman Darmawan, SIP. MAPS).

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Kepala Dinas PP dan KB Kota Pangkalpinang dan Tim, utusan dari Kwarcab Kota Pangkalpinang, serta dilakukan penyerahan fasilitas untuk pojok kependudukan Saka Kencana berupa rak buku, dan buku-buku tentang kependudukan.

Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini :

  1. Terintegrasinya materi pendidikan kependudukan dalam kepramukaan;
  2. Pembina Pramuka mengimplementasikan pendidikan kependudukan dengan sasaran anggota pramuka;
  3. Anggota pramuka memahami permasalahan kependudukan di Indonesia; (dyanti745)