PENGEMBANGAN CENTER OF EXCELLENT (COE) PENGELOLAAN KAMPUNG KB DAN BIMBINGAN TEKNIS PROGRAM BANGGA KENCANA DI KAMPUNG KB DESA MUNGGU KECAMATAN SUNGAI SELAN KABUPATEN BANGKA TENGAH

Desa Munggu, 20 November 2020

Tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui program Bangga Kencana serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Dalam rangka Pengembangan dan Pengelolaan Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga, Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melaksanakan kegiatan Pengembangan Center of Excellent (CoE) Pengelolaan Kampung KB dan Penguatan Bimbingan Teknis Program Bangga Kencana di Kampung KB Desa Munggu Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah.

Pada kesempatan tersebut Ketua Rumah Data Kependudukan, Kader Rumah Data Kependudukan, Kader Poktan, Penyuluh KB Kecamatan Simpang Katis berdialog dan berdiskusi dengan Tim Bidang Pengendalian Penduduk dan membahas tentang sarana Rumah Data Kependudukan yang selama ini masih milik dari Dinas Kesehatan.

Rumah Data Kependudukan di Kampung KB ini diharapkan menjadi miniatur atau gambaran dari sebuag desa yang didalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga yang sinergikan dengan program pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematik.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan dan pengembangan Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan.(dyanti745)